Tutorial Komputer

Kata Mutiara

Terjemah

kegiatan santri

Portfolio

Artikel

» » cara menampilkan start menu win 8

Startmenu Win 8 - Saya terperangah sekaligus bingung saat pertamakali menggunakan Windows 8. Tampilannya yang lebih cantik dan baru membuat saya senang bereksplorasi. Halaman pertama yang muncul dari booting adalah menu tiles yang berisi banyak aplikasi dalam bentuk kotak-kotak. Wah ... tidak seperti biasanya nih. Karena untuk membuka sebuah program saya tinggal klik thumbnail aplikasi pada layar tiles. Namun masalahnya, bagi laptop yang saya pakai, Sony Vaio seri E, yang tidak touch screen, menu tiles terkesan menggangu. Untuk jenis tablet, menu tiles mungkin lebih baik, tapi untuk laptop yang tidak touch screen dan sudah lengkap dengan keyboard dan mouse, tentu menu tiles malah ngribeti.

Sebenarnya, kalau tetap ingin menikmati tampilan dan gaya windows 8 kita bisa memanfaatkan tombol yang tersedia, seperti memanfaatkan Charm bar pada sisi kanan, kemudian search aplikasi yang diinginkan. Tapi sepertinya juga memakan beberapa langkah, dan tidak efektif.

Pinginnya, karena laptop tidak touch screen dan sudah komplit dengan keyboard dan mouse, tampilan pertamanya ya desktop dan ada start menunya. Lagi-lagi saya bingung karena ternyata pada desktop tidak ada start menu. Akhirnya mulailah eksperimen ini. Saya coba cari-cari tutorial bagaimana bisa menampilkan start menu pada windows 8, ya layaknya windows 7 lah. Dari hasil pencarian, ternyata start menu untuk windows 8 sudah banyak yang membuat, mungkin karena merasa tidak sreg dengan menu tiles ya, sehingga banyak yang mencari start menu untuk windows 8. Beberapa software alternatif untuk menampilkan start menu windows 8 adalah sebagai berikut:

Startmenu Windows 8 Berbayar


StartFinity


Startfinity startmenu ada dua yang full dan free, silahkan pilih di sini.

Stardock Startmenu




Ada banyak feature yang disediakan oleh stardock ini. Kalau berencana menggunakannya bisa di lihat di sini.

StartIsBack


Applikasi startmenu startisback tampilannya persis seperti windows 7. Bisa di unduh di sini.

Aplikasi alternatif untuk memunculkan stratmenu windows 8 di atas adalah berbayar, tapi biasanya juga punya yang versi gratis, coba saja kalau ingin. Untuk yang gratis bisa pilih alternatifnya di bawah ini:

Startmenu Windows 8 Gratis


Windows8startbutton


Anda bisa mencoba startmenu Windows8startbutton di sini.

Pokki Start Menu


Pokki start Menu mungkin bisa menjadi alternatif yang cocok untuk kamu, karena tampilannya unik dan gratis. Silahkan download di sini.

Startmenu8


Startmenu8 ini diproduksi oleh Iobit. Anda bisa mendownloadnya di sini

Classic Shell


Untuk yang pingin tampilan keseluruhan seperti layaknya windows 7 Anda bisa mencoba ini. Aplikasi ini cukup lengkap dan enak di pakai. Anda serasa berada pada windows 7 padahal windows 8. Anda bisa unduh 

Untuk mempermudah penggunaan windows 8, dan Anda tidak menginginkan startmenu, bisa coba dengan memanfaatkan shortcut key ini:
  • Windows key : akan menampilkan screen tiles icon-icon besar aplikasi yang jadi lucu kalau di laptop besar.
  • Windows key + d: Akan memunculkan desktop langsung
  • Windows key + e: Akan membuka file eksplorer langsung
  • Windows key + f: Akan membuka search
  • Alt+F4: Menutup aplikasi aktif
  • Windows key + r: Membuka Run dialog
  • Windows key + x: Coba saja apa yang terjadi! He he he
Itulah hasil utak-atik saya tetang bagaimana memunculkan startmenu pada windows 8. Kalau ada yang baru lagi, mungkin bisa ditambahkan di komentar.

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu